Jawaban UTS Sistem Pakar

 Benar 49
 Salah 1
 Jumlah 50
50 (+7 Soal), dikarenakan beberapa user mendapat soal yang berbeda

1. Struktur semantic network digambarkan secara grafis yang menghubungkan antara …..
Link dan nodes

2. Ilmu yang mempelajari bagaimana sebuah komputer dapat melakukan kegiatan yang dapat dilakukan oleh manusia, merupakan definisi AI dengan pendekatan:
Pendekatan Ilmiah

3. Pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu disebut pengetahuan…
Prosedural

4. Cara membentuk atau merepresentasikan pengetahuan sebagai berikut, kecuali :
Knowledge

5. Suatu studi tentang pengetahuan, studi ini dihubungkan dengan alam, struktur dan keaslian pengetahuan, disebut:
Epistemology

6. Sebuah grafik yang menunjukkan antara berbagai objek yang terdiri dari lingkaran yang menghubungkan anak panah yang menunjukkan objek dan informasi, adalah:
Semantic Network

7. Dalam AI, yang digunakan untuk menjelaskan struktur pengetahuan yang lebih kompleks dibandingkan dengan jaringan semantik, disebut :
Skema

8. Bagian sistem pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan isi daftar berdasarkan urutan dan pola tertentu adalah :
Mekanisme Inferensi

9. Sistem pakar dapat dibuat dan digunakan secara simultan dengan penggabungan beberapa pengetahuan dari banyak pakar, disebut
Multiple expertise 

10. Disebut sebagai “unconscius knowledge”, karena tidak dapat diekpresikan dengan bahasa. Seperti: bagaimana cara mengangkat tangan, berjalan, mengendarai sepeda, dsb. Termasuk pengetahuan…
Tacit

11. Analogi dimana:
Algoritma + Struktur Data = Program, dan
Pengetahuan + Inferensi = Sistem Pakar
Disebut analogi…
Wirth

12. Mobil yang warnanya putih dalam OAV pada jaringan semantik, yang termasuk atribut adalah…
Warna

13. Link dalam semantic network digunakan untuk mengekspresikan suatu …..
Relasi

14. Proses di mana peralatan mekanik dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berdasarkan pada pemikiran atau kecerdasan buatan definisi AI dengan pendekatan:
Pendekatan Teknik

15. Epistemology mengekspresikan pengetahuan dalam tiga bentuk yaitu:
Philosopy, priori dan posteriori

16. Perbedaan umum, schema dengan jaringan adalah :
Schema memiliki struktur internal di dalam nodenya

17. Contoh Jaringan semantik: Zebra, kuda, sapi merupakan hewan-hewan mamalia. Tipe relasi yang sesuai untuk menggambarkan jaringan semantik
Link IS-A

18. Definisi fundamental yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan teori adalah…
Aksioma

19. Knowledge, Pakar, Pemakai, serta sistem adalah perangkat penting dalam pengembangan
Sistem Pakar

20. Kelebihan sistem pakar dimana dapat digunakan pada keadaan dan atau lokasi yang membahayakan manusia, disebut
Reduced danger

21. Menyediakan cara penyelesaian masalah untuk kasus dimana bila tidak ada lagi pendekatan langsung yang dapat digunakan maka pindahkan kerangka kerja kepada teknik langsung yang mungkin untuk dilekatkan, disebut
Search

22. Di bawah ini klasifikasi dari Pengetahuan yaitu :
Procedural knowledge, declarative knowledge dan tacit knowledge

23. Kesimpulan yang diturunkan dari dua pernyataan sebelumnya, disebut:
Conclusion

24. Apel yang jumlahnya 100 dalam OAV pada semantic network, yang termasuk value adalah….
100

25. Fasilitas ini memungkinkan sistem untuk mengembangkan dirinya sendiri dengan memilah atau mengelompokan kembali fakta yang sudah ada, disebut:
Fasilitas Belajar Mandiri

26. Pengetahuan mengenai pengetahuan itu sendiri adalah …
Meta-knowledge

27. Sebuah kendaraan, Pabrik: Toyota, Model: Avanza. Maka yang merupakan Filler adalah ...
Toyota dan Avanza

28. Yang tidak termasuk Cabang dari Artificial Inteligent adalah
Entity Relationship diagram

29. Pada Diagram struktur system pakar bagian consultation environment yang bekerja adalah, kecuali:
Knowledge engineer

30. Selain dari pakar, juga bisa didapatkan dari buku, jurnal ilmiah, laporan, literature yang diolah dan diorganisir menjadi :
Basis Pengetahuan

31. Proporsi atau pernyataan yang selalu bernilai benar atau salah karena berdasarkan fakta, disebut:
Premise

32. Suatu pengetahuan yang mengacu pada sesuatu itu benar atau salah, sehingga akan menghasilkan anjuran atau larangan, hal ini disebut pengetahuan…..
Deklaratif

33. Susunan Hirarki Pengetahuan, mulai yang terendah sampai posisi yang paling puncak adalah:
Noise, Data, Information, Knowledge, Meta Knowledge

34. Yang merupakan otak dari system pakar adalah...
Mesin inferensi

35. Bagian komponen sistem pakar yang memberikan penjelasan tentang bagaimana program dijalankan, apa yang harus dijelaskan kepada pemakai tentang suatu masalah, memberikan rekomendasi kepada pemakai, mengakomodasi kesalahan pemakai dan menjelaskan bagaimana suatu masalah terjadi, disebut:
Fasilitas Penjelasan Sistem

36. Bagian sistem pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan isi daftar aturan berdasarkan urutan dan pola tertentu. Selama proses konsultasi antara sistem dan pemakai, menguji aturan satu persatu sampai kondisi aturan itu benar, disebut:
Mekanisme Inferensi

37. Suatu pengetahuan yang selalu benar dalam kondisi apapun tanpa menimbulkan kontradiksi disebut pengetahuan…
A priori

38. Dalam pemrograman visual umumnya disediakan sarana untuk mengembangkan tabel-tabel penyimpanan data yang terangkum dalam sebuah database, disebut
Basis Pengetahuan dan Basis Aturan

39. Menciptakan pelajaran hubungan tidak formal antara sebab dan akibat atau cara mengatasinya, penyebab akan diulangi jika menyenangkan atau dihindari jika menyakitkan, disebut :
Psikologic

40. Dalam bagan hierarki pengetahuan, paling atas adalah meta knowledge, sedangkan paling bawah …
Noise

41. Kemampuan reasoning (pertimbangan) dalam Sistem Pakar disediakan oleh...
Interference Engine

42. Mengekspresikan kebenaran umum (general truth) yang terjadi di alam, yaitu:
Philosophy

43. Sejumlah teknik atau cara untuk membentuk pengetahuan antara lain, kecuali:
Jaringan Semantik

44. Suatu sistem yang menggabungkan pengetahuan dan penelusuran data untuk memecahkan masalah yang secara normal memerlukan keahlian seorang pakar, disebut
Sistem pakar

45. Pengetahuan yang ekstensif, spesifik yang didapatkan dari training, membaca dan dari pengalaman merupakan…
Kepakaran

46. Serangkaian aksioma, yang berisi symbol untuk menunjukkan obyek dan jenis, dan operasi aljabar untuk memanipulasi symbol, disebut :
Kontribusi Boole

47. Orang-orang yang terlibat dalam pengembangan dan penggunaan system pakar kecuali:
Penulis

48. Pernyataan yang dapat dibuktikan dengan menunjukkan bagaimana teori tersebut diperoleh yaitu dengan menggunakan aksioma, disebut :
Teori

49. Yang termasuk ke dalam operator logika proposisi, kecuali:
Himpunan

50. Symbol Ø dalam teori himpunan diartikan sebagai …..
Himpunan Kosong

51. Salah satu kata dimana banyak orang mengetahui maknanya, tetapi sulit untuk mendefinisikannya, disebut :
Pengetahuan

52. Pengetahuan seorang pakar yang sudah diadaptasi ke bentuk software dapat diperbanyak dan disebarluaskan dalam jumlah yang software dapat diperbanyak dan disebarluaskan dalam jumlah yang tidak terbatas, disebut :
Increased Availability

53. Biaya memperbanyak software lebih murah dibanding menghadirkan atau melatih seorang pakar, disebut:
Reduced cost

54. Jika benar-benar sudah mendapatkan berbagai fakta dan ingin untuk mendapatkan konklusi dari fakta-fakta tersebut, maka digunakan metode:
Forward Chaining

55. Program ini dapat digunakan untuk memainkan gamedan punya kemampuan untuk menyimpan pengalaman untuk digunakan pada permainan, disebut:
Checkers-playing program

56. Statement yang menyatakan “Jeruk yang warnanya Orange”, dimana warna menggambarkan suatu atribut merupakan ... pada jaringan semantik :
OAV

57. Abstraksi dimana obyek khusus diklasifikasikan dengan properti umum,
disebut :
Skema konseptual


0 comments:

Posting Komentar

Komen dong